Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inovasi Pakan Ternak Kambing Tanpa Ngarit Tahun ini

Pakan ternak kambing tanpa ngarit yang pastinya untuk para peternak kambing, domba maupun sapi istilah ngarit sudah tidak asing lagi. Setiap hari para peternak kambing harus ngarit untuk memenuhi kebutuhan pakan. Perubahan zaman sudah semakin berkembang dan sudah banyak alternatif untuk memberi makan ternak melalui cara lain seperti : fermentasi.


Cara menerapkan beternak kambing dengan pola tradisonal / konvensional seperti mencari rumput ( ngarit ) di perkotaan sudah semakin susah kita temukan. Hal in dikarenakan kondisi dan lingkungan sudah jarang ditemukan apalagi untuk peternak dengan jumlah yang besar. Cara fermentasi utnuk pembuatan pakan ternak kambing dan juga domba bukan berasal dari bahan mahal, tapi memanfaatkan limbah hasil pertanian yang terbuang.

Bahan organik lain yang alami bisa juga berasal dari hasil pertanian seperti :

  1. Pohon pisang
  2. Jerami padi
  3. Tebong tebu
  4. Kulit jagung
  5. Kulit singkong
  6. Sisa makanan dari pasar
  7. Tidak mengandung gas beracun dan disukai oleh hewan kambing.
Melalui pakan fermentasi nutrisi yang dihasilkan tidak kalah dengan nutrisi rumput hijauan. Apalagi kalau ada tambahan suplemen untuk fermentasi yang  sangat penting untuk kondisi ternak kambing yang kita pelihara.

Pakan ternak kambing tanpa ngarit dengan pakan fermentasi bisa bertahan berbulan – bulan, sehingga akan memudahkan para peternak, dan juga tentu akan menghemat waktu. Tidak perlu ngarit rumput dan juga menggembalakan di lapangan. Supaya kambing mau makan limbah pertanian, bahan – bahan tersebut harus difermentasikan terlebih dahulu.

Pakan hasil fermentasi untuk kambing Jawa bisa disimpan dalam waktu beberapa bulan. Tips sukses ternak kambing yang tidak perlu mencari rumput setiap hari. Membuat pakan fermentasi yang banyak yang sekalian dapat disimpan. Pada saat pemberian pakan bisa mengambil dengan secukupnya dari timbunan untuk diberikan pada hewan ternak.

Proses pembuatan kandang kambing sebaiknya diatur sedemikian rupa sehingga kotoran akan terpisah dan kondisi kambing tetap bersih. Kambing akan merasa nyaman, pemilik ternak juga senang karena terbebas dari bau yang dapat menganggu lingkungan.

Pakan ternak kambing tanpa ngarit yang dapat kita ganti dengan cara fermentasi. Beberapa kelebihan yang didapat dengan cara fermentasi diantaranya :

  1. Dapat meningkatkan produksi susu
  2. Memperbaiki sistem pencernaan pada ternak
  3. Bobot ternak dapat meningkat secara alami, sehat, dan gemuk.
  4. Meningkatkan nafsu makan hewan ternak
  5. Daging hewan pedaging lebih berisi, serta rendah kolesterol
  6. Hwan ternak akan lebih kebal, dan tahan penyakit
  7. Kotoran dan urine lebih sedikit dan bisa digunakan untuk pupuk kandang maupun biogas alami.
  8. Kotoran hewan ternak tidak bau, sehingga tidak mencemari lingkunbgan sekitar.
Tips ternak kambing dengan menggunakan suplemen organik yang berbentuk cair bisa dengan SOC-HCS. SOC ( suplemen organik cair ) yang terbuat dari 100 % bahan alami, sehingga tidak perlu khawatir produk ini akan membahayakan kesehatan hewan ternak. Manfaat yang bisa diperoleh dari pakan dengan menggunakan SOC adalah :

  1. Membantu memperbaiki sistem pencernaan pada hewan ternak.
  2. SOC bisa meningkatkan level kualitas dan kuantitas hasil produksi ternak..
  3. Membantu hewan ternak cepat gemuk, karena meningkatkan nafsu makan.
  4. Dapat menurunkan kadal kolesterol
  5. SOC mampu meningkatkan daya imun pada kambing, sehingga membuat kambing menjadi lebih kebal terhadap penyakit.
Pakan ternak kambing tanpa ngarit dapat menjadi solusi untuk para peternak yang berada didaerah perkotaan, yang tidak terdapat rumput untuk bahan pakan utama hewan ruminansia.

Salah satu pakan ternak kambing tanpa ngarit adalah pakan komplit dari pakan ternak instan. Pakan ini sudah lengkap nutrisinya. Komposisi pakan ini sudah disesuaikan kebutuhan nutrisi ternak dimana pakan ini sudah mengandung karbohidrate, vitamin, mineral, protein, lemak.  Pakan ini sudah tidak perlu dicampur lagi tidak perlu ngarit untuk mencari pakan lagi, sangat praktis dapat menghemat biaya pakan, biaya pemeliharaan, biaya operasional dan yang terpenting adalah dapat mempersingkat masa penggemukan. Dengan demikian biaya pemeliharaan dapat di tekan agar dapat keuntungan lebih banyak.


Post a Comment for "Inovasi Pakan Ternak Kambing Tanpa Ngarit Tahun ini"