Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayam Aduan Termahal di Dunia


Gambar ayam Aduan atau sabung ayam, dicap sebagai aktivitas ilegal pada beberapa negara, terhitung Indonesia. Namun, nyatanya di beberapa lokasi Asia, perhelatan ayam adu ini tetap marak dan digandrungi. Alih-alih jadi hiburan pedesaan, adu ayam jadi gelaran elit yang melibatkan aliran duwit yang tidak sedikit.

Bahkan, di kalangan peternak ayam Aduan, ayam-ayam petarung yang kuat dan tangguh jadi komoditas yang sangat berharga. Lebih dari perawatan kelas dunia, galur keturunan mereka pun dijaga, sehingga menghasilkan populasi ayam kuat yang tak gampang tumbang. Ayam jawara ini kemudian jadi bintang yang bernilai jutaan baht Thailand, atau setara ratusan juta hingga miliaran rupiah!

Ayam Aduan Super





Dan, sentra ayam petarung ini sangat nyata. Dilansir dari Bangkok Post (24/7/18), ayam tangguh asal Chiang Mai yang berjenis Phama Mahwing, persilangan Thailand-Myanmar punya seorang peternak, Mr. Charnnarong Chuenjit (36) menarik perhatian publik setelah terjual dengan harga fantastis, yakni 1 juta baht, atau sekitar 451 juta rupiah. Harga yang melambung adalah kompensasi untuk kegigihannya, menang 3 kali berturut-turut.

Peternak Ayam Aduan

Gaya bertarung ayam Phama Mahwing dianggap menarik dan otentik untuk Mr Seksan Nanta (30). Ayam ini bahkan mampu menaklukkan lawannya hanya dalam 16 menit di pertarungan kedua. Mr Seksan, sebagai pemilik peternakan Sirikanya di Siraphi, kemudian berhasil membelinya dengan harga 1 juta baht, sesuai dengan tawaran 500.000 baht yang sebelumnya telah ditolak oleh Mr Charnnarong.

Meski wajib berkenan melepaskan salah satu bibit unggul yang ia miliki, Mr. Charnnarong telah menggapai beruntung besar. Ayam berusia 16 bulan dengan bobot 2,6 kg ini ia rawat sejak berusia tidak cukup dari satu tahun dan membelinya dengan harga 80,000 baht atau setara 36 juta rupiah.

Ayam Aduan Super Juara

Namun, biarpun tetap menurunkan ayam Aduan juara ke laga aduan, obyek utama Mr. Seksan membelinya yakni untuk menghasilkan bibit-bibit ayam unggulan. Mr. Seksan dapat mengawinkan ayam Phama Mahwing dengan ayam betina miliknya yang merupakan keturunan Myanmar dan  bernilai 4 juta baht, atau setara 1,6 miliar, wah itu ayam betina lho, bayangin terkecuali tersedia di negara kita, mampu jadi babon Ayam Petarung Termahal di Indonesia.

Gambar Ayam Aduan Jawara

Source: bangkokpost.com

Luar biasa gambar ayam Aduan ya? Ayam Aduan yang oleh beberapa orang hanya dianggap sebagai makanan, ternyata punyai nilai menjual dan kekuatan tawar yang tinggi. Gemerlap adu ayam di beberapa negara Asia, layaknya Thailand, Myanmar, Laos, dan Filipina pun digelar dengan kemewahan dan prestise tinggi.

Jika anda berminat serius menekuni usaha ayam Aduan, tidak wajib sembunyi-sembunyi atau kucing-kucingan dengan polisi di Indonesia. Kabur saja ke negara-negara yang melegalkannya. Hanya saja, butuh dana yang cukup untuk mengincar bibit unggul layaknya ayam jawara Phama Mahwing punya Mr. Charnnarong.

Tapi, terkecuali anda telah punyai jagoan sendiri, siapkan mental dan ayam Aduan andalan kamu, ya. Jamu-jamuan asal negeri ini, konon mampu jadi pendongkrak kebolehan yang baik untuk ayam petarung. Terlepas dari unsur kekerasan pada hewan yang menyertai kancah sabung ayam, beranikah anda terima tantangan?

Ciri-ciri Ayam Aduan Juara

Nah bagi anda yang menginginkan membesarkan ayam Aduan juara, tersedia beberapa tips yang mampu anda ikuti. Salah satunya adalah memilih ayam Aduan yang berbakat. Para ahli ayam Aduan menyatakan beberapa ciri ayam Aduan juara lewat ciri-ciri fisiknya, pada lain:
  1. Ayam Aduan jawara punyai postur tubuh yang bagus, tegap, kekar, namun terasa empuk selagi dipegang. Ini pertanda ayam berikut punyai perototan yang kuat dan bagus.
  2. Berikutnya adalah dari segi pertulangan. Ayam Aduan juara punyai pertulangan yang besar/tebal dan lanjutan antar tulangnya rapat, terlebih tulang di pada leher dan badan. Pilihlah ayam Aduan yang punyai tulang paha besar sebab itu pertanda kebolehan pukulan yang mematikan.
  3. Ciri seterusnya adalah ukuran kepala yang besar layaknya buah pinang, pertanda bahwa ayam berikut punyai bakat petarung yang mumpuni.
  4. Warna terhitung memilih kekuatan. Jika warna lingkaran mata ayam sama dengan warna dasar kaki dan paruh, maka ayam berikut terhitung tergolong petarung handal.
  5. Ayam juara umumnya terhitung dicirikan jengger belangkon yang memanjang ke belakang dan tektsurnya lembut, tidak kasar.
  6. Ciri terakhir adalah sisik kakinya yang berderet tanpa putus dari jari kelingking hingga kaki, ini pertanda pukulan taji yang ampuh dan mematikan.

Ayam Aduan juara dihasilkan dari indukan yang baik, pakan berkualitas, perawatan yang serius, dan juga tentu saja bakat si ayam itu sendiri. Jadi tak mengherankan andaikan ayam Aduan juara mampu dihargai selangit dan menjadi Ayam aduan termahal di dunia!


Post a Comment for "Ayam Aduan Termahal di Dunia"